KETAHUI KADAR LEMAK TUBUHMU

body fat % calculator

Apa Body Fat % ?

Dua orang dengan tinggi yang sama, berat yang sama. Tapi kenapa yang satu tampak lebih langsing, sedangkan yang satu lagi tampak lebih gendut?

Selain besar-nya tulang yang berpengaruh dalam hal ini, hal lain yang berpengaruh adalah persentase bodyfat. Apakah persentase bodyfat itu?
Persentase bodyfat adalah perbandingan berat lemak tubuh dibandingkan dengan total berat penyusun tubuh lainnya (lemak, otot, tulang, air).

Pada dasarnya, semakin rendah kadar lemak dalam tubuh, semakin bagus pula bentuk tubuh orang tersebut. Untuk lelaki, persentase kadar lemak ideal adalah 11-15%, dan bagusnya pada persentase 7-10%. Untuk wanita, persentase kadar lemak idealnya lebih tinggi daripada lelaki, yaitu sekitar 19-22%, dan bagusnya pada persentase 15-18%.

Tapi untuk membentuk tubuh yang ideal jangan hanya berpatokan pada nilai persentase bodyfat ini.. kita juga tetap harus melihat berat badan kita.

Rumus kasaran (jadikan patokan kurang lebih saja, karena tubuh orang berbeda2, jika dirasa belum puas.. ya lihat dari kaca aja  ) berat badan ideal untuk lelaki adalah tinggi badan - berat badan = 100-105, dan berat badan ideal untuk wanita adalah tinggi badan = 105-110.

seorang lelaki dengan tinggi badan 175 cm dengan persentase bodyfat 14% belum tentu memiliki bentuk badan yang ideal jika berat badannya hanya 50kg, karena dia tetaplah terlihat kurus (terlalu kurus itu tidak ideal bukan?). Begitu pula dengan orang yang bertinggi badan 175 cm, berat 70 kg tetapi persentase bodyfatnya 25%., maka orang ini akan memiliki berat badan yg normal namun memiliki perut yg membuncit.

2 Responses so far.

  1. Unknown says:

    The Wellness Store - Quick & Easy Ordering From Your Independent Herbalife Distributor & Personal Wellness Coachweightloss

  2. Artikel yg bermanfaat. Like this

Leave a Reply

Find Me